logo

Pengumuman banneridulfitri1441H

PA. Soreang menempati gedung bekas Pengadilan Agama Cimahi

Written by Admin.

Written by Admin. Hits: 1522

Assamualiakum Wr. Wb.

Salam sejahtera kami sampaikan kepada seluruh stakeholder khususnya masyarakat Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat.

Berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI No. 15 Tahun 2016 Pengadilan Agama Cimahi dipecah menjadi 3 (tiga) Pengadilan Agama.

Pengadilan itu adalah Pengadilan Agama Kota Cimahi, Pengadilan Agama Soreang dan Pengadilan Agama Ngamprah.

Sebelumnya Pengadilan Agama Cimahi mewilayahi Kota Cimahi, Kab. Bandung dan Kab. Bandung Barat. Setelah Pengadilan Baru yang dibentuk dengan Keputusan Presiden diresmikan oleh Mahakamah Agung RI pada tanggal 22 Oktober 2018. Pengadilan Agama Soreang beroperasi melaksanakan kedinasan dengan menerima perkara pada bulan Nopember 2018.

Setelah dipecah Pengadilan Agama Cimahi, sesuai dengan yurisdiksi wilayah hukumnya Pengadilan Agama Soreang mewilayahi Kab. Bandung, Pengadilan Kota Cimahi mewilayahi Kota Cimahi dan Pengadilan Agama Ngamprah mewilayahi Kab. Bandung Barat.

Pengadilan Agama Cimahi selama ini menempati gedung kantor di wilayah Kab. Bandung. Setelah dipecah, Pengadilan Agama Soreang menempati gedung kantor yang disewa oleh Pemerintah Daerah Kab. Bandung yang berlokasi di Jalan Soreang-Banjaran KM. 02 Soreang Kab. Bandung. Setelah ketiga Pengadilan Agama tersebut menerima perkara sesuai dengan yurisdiksi wilayah hukumnya masing-masing di bulan Nopember 2018, maka paling lama 6 bln setelah itu Pengadilan Agama Kota Cimahi harus berkedudukan di wilayah hukumnya yaitu di Kota Cimahi.

Setelah Pengadilan Agama Kota Cimahi pindah dari gedung kantor yang berkedudukan di wilayah Kab. Bandung ke wilayah Kota Cimahi dan telah beroperasi pada tanggal 22 April 2019.

Dengan pindahnya Pengadilan Kota Cimahi ke gedung kantor di Kota Cimahi, maka Pengadilan Agama Soreang harus menempati gedung kantor yang sebelumnya ditempati oleh Pengadilan Agama Cimahi. Dengan begitu maka Pengadilan Agama Soreang mulai pada tanggal 29 April 2019 akan mulai beroperasi di gedung kantor bekas Pengadilan Agama Cimahi di Jl. Raya Soreang KM. 16 Soreang Kab. Bandung.

Kami berharap dengan pindahkan Pengadilan Agama Soreang ke gedung kantor baru yang representatif dapat memberikan kemudahan kepada seluruh masyarakat Kab. Bandung untuk dengan cepat, mudah dan dengan biaya ringan mereka dapat mengakses hukum dan keadilan sesuai dengan maksud dan tujuan dibentuknya Pengadilan Baru oleh Mahakamah Agung RI.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Ketua Pengadilan Agama Soreang

 

 

H.M. Jati Muharramsyah, S.Ag., S.H., M.H.

Hubungi Kami

Pengadilan  Agama Soreang

Jl. Raya Soreang KM. 16 Pamekaran, Kec. Soreang. Kabupaten Bandung. Jawa Barat 40912

Telepon : (022) 5894106

Email    : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Tautan Aplikasi