logo

PENGUMUMAN

Pendaftaran perkara hanya dilakukan secara online melalui mekanisme e-Court
PENGUMUMAN

Selamat & Sukses

atas dilantiknya Dr. H. HASBI HASAN., M.H Sebagai Sekretaris Mahkamah Agung Republik Indonesia. Semoga dimudahkan dalam melaksanakan tugas dan menambah kejayaan lingkungan Peradilan Agama khususnya dan Mahkamah Agung pada Umumnya
Selamat & Sukses

Zona Integritas

Selamat Datang di Pengadilan Agama Soreang. Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)
Zona Integritas

Layanan Berperkara bagi Disabilitas

Video layanan dan tata cara berperkara di Pengadilan Agama Soreang bagi pengandang disablitas
Layanan Berperkara bagi Disabilitas

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

e-Court

Adalah layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online, Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik, dan Persidangan yang dilakukan secara Elektronik.
e-Court

Gugatan Mandiri

Untuk Pelayanan yang lebih mudah, cepat dan biaya ringan, Ditjen Badan Peradilan Agama menyediakan Layanan Pembuatan Gugatan / Permohonan secara mandiri.
Gugatan Mandiri

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

banner1 Big

banner2 small  

Gugatan Mandiri

 

Penelusuran

Jadwal Sidang

E-Court

Informasi Pengaduan 

banner3 small

Ditulis oleh Erfani, S.H.I., M.E.Sy.. Dilihat: 34

Khatib Mahmudin: Virus Corona Tak Diciptakan Sia-Sia

 

 

Soreang, 18 Desember 2020

 

Rutinitas Jum’atan di Pengadilan Agama Soreang-Kabupaten Bandung masih terus berlangsung. Terlebih zonasi wilayah paparan virus Corona belakangan ini cenderung memerah di Jawa Barat secara umum.

Kebijakan mengadakan Jumatan di lingkungan Pengadilan Agama Soreang pun menjadi hal yang tepat. Sebab dapat mengurangi kerumunan di masjid-masjid besar di ibukota. Virus Corona hingga kini masih menjadi momok bagi semua iklim kehidupan masyarakat dunia.

Hal ini pula yang diangkat oleh Mahmudin, Panitera Muda Gugatan PA Soreang dalam khutbahnya. Sesuai jadwal, Ia hari ini mendapat tugas mulia menjadi khatib Jumat masjid Al Mahkamah PA Soreang. Adapun yang menjadi bilal kali ini, adalah Muhammad Akbar Zainul Haq, tenaga honorer PA Soreang, yang juga alumni pesantren di Jawa Barat.

 

 

Dalam khutbahnya, Pak Mahmudin menguraikan kandungan al Quran surah Ali ‘Imran ayat 190.

“sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, terdapat banyak tanda kekuasaan Allah”, kata Mahmudin memulai penjelasannya dengan membacakan ayat secara fasih dan suara lantang.

“semua yang Allah swt ciptakan dalam kehidupan ini, mengandung hikmah dan pelajaran bagi umat yang berpikir. Orang yang beriman tidak boleh menistakan ciptaan Allah swt. tidak boleh mengatakan, ada ciptaan Allah yang sia-sia, sekecil apapun ciptaan itu. Bahkan ciptaan Allah swt yang tidak kasat mata sekalipun, pasti tidak diciptakan sia-sia. Termasuk yang saat ini kita hadapi, yaitu virus Corona, pasti ada hikmahnya”, tegasnya lagi.

Mahmudin juga mengajak jamaah agar selalu mengedepankan keimanan dalam melihat fenomena kehidupan ini.

“kita wajib berprasangka baik, husnuzann kepada Allah swt. tidak boleh terbesit dalam benak kita, bahwa ada ciptaan Allah yang tidak ada gunanya. Tikus pun yang dianggap hama, itu pasti ada hikmah dalam penciptaannya bagi manusia. Jika prasangka kita buruk, menistakan ciptaan Allah swt, maka ada pendapat ulama yang menyebut sikap tersebut sebagai bentuk kekufuran terhadap Allah swt”, Pungkasnya.

 

Usai menguraikan dua khutbah selama 10 menit, Mahmudin pun mengimami Sholat. Suara yang merdu dan lisan yang fasih, membuat suasana shalat semakin khusyuk.

(Erf/Red.Sor)

Hubungi Kami

Pengadilan  Agama Soreang

Jl. Raya Soreang KM. 16 Pamekaran, Kec. Soreang. Kabupaten Bandung. Jawa Barat 40912

Telepon : (022) 5894106

Email    : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Tautan Aplikasi