logo

banner1 Big

banner2 small  

Gugatan Mandiri

 

Penelusuran

Jadwal Sidang

E-Court

Informasi Pengaduan 

banner3 small

Ditulis oleh Tim Media PA Sor Erf. Dilihat: 204

Hakim Hamdani: Isra Mi’raj Bawa Pesan Agar Umat Islam Melek Teknologi

 

 

Soreang-Bandung | 12 Maret 2021 |

Pengadilan Agama Soreang Kabupaten Bandung masih terus memfasilitasi para pegawai dan pengunjung untuk melakukan shalat Jumat. Masjid Al Mahkamah yang berada di komplek gedung kantor Pengadilan Agama Soreang terus berbenah untuk menampung jamaah tiap kali jumatan dilakukan. Mulai dari penataan manajemen takmir, penyediaan pengeras suara, hingga penayangan audio-visual dan jaringan live streaming berbasis teknologi.

“kita terus berbenah di semua sektor, penjadwalan khatib kita susun, sarana dan prasarana pun kita optimalkan, fasilitas tempat wudhu dan toilet juga selalu rutin dibersihkan” sebut H. Adi Irfan, Ketua Dewan Kemakmuran Masjid Al Mahkamah.

Disinggung soal adanya coretan dan tulisan yang tidak bertanggung jawab di dinding toilet, H. Adi menegaskan akan segera ditanggulangi.

“kita koordinasi dengan kepada sub umum di kantor dan ketersediaan dana di bendahara untuk dicat ulang” terangnya.

Jum’atan yang diselenggarakan hari ini berjalan tertib dan khidmat. Khatib yang bertugas adalah salah satu hakim Pengadilan Agama Soreang, ustadz Hamdani.

Dalam khutbah singkatnya, ia menerangkan esensi dan pesan-pesan dari peristiwa Isra dan Mi’raj Nabi Muhammad saw. Napak tilas perjalanan monumental itu secara runut diuraikannya dalam khutbah yang berdurasi kurang dari 10 menit itu.

“shalat menjadi media utama yang seseorang hamba bukan sekadar melakukannya sebagai rutinitas kewajiban, melainkan harus terhubung kepada Allah swt baik jasad maupun ruh sebagaimana mi’raj yang dilakukan Nabi saw” ujar Hakim lulusan pesantren al Falah, Banjarbaru ini.

Materi khutbahnya juga kaya akan referensi kitab-kitab lengkap dengan nomor halaman. Selain memaparkan mengenai ibadah shalat, Hamdani juga menyampaikan adanya kemajuan peradaban manusia yang sedang distandarisasi lewat peristiwa Isra dan Mi’raj ini.

“mi’rajnya baginda dari masjidil Aqsha menujun sidratil muntaha, merupakan informasi penting mengenai kemajuan teknologi yang super canggih. Peradaban manusia hari ini menjadi semakin maju jika ditopang oleh keunggulan di bidang teknologi dan sains. Untuk itu umat Islam harus melek teknologi tinggi”, simpulnya dengan penuh tawadhu’.

Usai khutbah, Hamdani yang juga lama bertugas di Pengadilan Agama Sorong, Papua ini, memimpin shalat dua rakaat. Bacaan yang fasih dan lancar, menunjukkan bahwa hakim Hamdani memang sudah sering mengisi mimbar-mimbar masjid termasuk memakmurkan masjid di mana ia bertugas.

Juma’atan yang disiarkan live melalui kanal IG TV Pengadilan Agama Soreang ini, akan terus dilakukan dan menjadi bagian dari agenda pembangunan Zona Integritas yang sedang dilakukan Tim Kerja Zona Integritas Pengadilan Agama Soreang.

(Erf/Red.Sor)