logo

PENGUMUMAN

Pendaftaran perkara hanya dilakukan secara online melalui mekanisme e-Court
PENGUMUMAN

Selamat & Sukses

atas dilantiknya Dr. H. HASBI HASAN., M.H Sebagai Sekretaris Mahkamah Agung Republik Indonesia. Semoga dimudahkan dalam melaksanakan tugas dan menambah kejayaan lingkungan Peradilan Agama khususnya dan Mahkamah Agung pada Umumnya
Selamat & Sukses

Zona Integritas

Selamat Datang di Pengadilan Agama Soreang. Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)
Zona Integritas

Layanan Berperkara bagi Disabilitas

Video layanan dan tata cara berperkara di Pengadilan Agama Soreang bagi pengandang disablitas
Layanan Berperkara bagi Disabilitas

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

e-Court

Adalah layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online, Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik, dan Persidangan yang dilakukan secara Elektronik.
e-Court

Gugatan Mandiri

Untuk Pelayanan yang lebih mudah, cepat dan biaya ringan, Ditjen Badan Peradilan Agama menyediakan Layanan Pembuatan Gugatan / Permohonan secara mandiri.
Gugatan Mandiri

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

banner1 Big

banner2 small  

Gugatan Mandiri

 

Penelusuran

Jadwal Sidang

E-Court

Informasi Pengaduan 

banner3 small

Ditulis oleh Dr. Mahmud Hadi Riyanto, S.H.I., M.H. Dilihat: 106

Agama Sebagai Solusi Semua Problematika Kehidupan

 

WhatsApp Image 2020 11 27 at 13.29.55

 

Bandung (27/11/20). Masjid Al-Mahkamah Pengadilan Agama Soreang kembali menggelar sholat jumat. Bertindak sebagai khatib dan imam sholat adalah Suharja. Suharja merupakan hakim sekaligus Humas PA Soreang, yang wajahnya sering menghiasi berbagai macam media elektronik maupun cetak. Suharja mengambil tema khutbah "Agama sebagai solusi semua problematika kehidupan".

WhatsApp Image 2020 11 27 at 13.04.54

Suharja, S.Ag., M.H., menyampaikan khutbah selama 12 menit.

Mengawali khutbahnya, Suharja menyampaikan petikan Alquran surat al-Ankabut : 69 "Walladzina jahadu fina lanahdiyannahum subulana". Hati yang benar-benar murni niatnya , lillahi ta’ala itu yang benar-benar asli dari lubuk hati yang terdalam adalah untuk taqarub kepada Allah. Karena yang paling tau kebenaran adalah Allah.  Allah akan lebih bersungguh-sungguh menuntun orang yang sungguh-sungguh. Artinya hati yang lurus mau kepada Allah itulah yang akan mendapat bimbingan. Ucap Suharja;

Kita diberikan nikmat kesehatan, nikmat kebahagiaan dan nikmat apapun, itu merupakan karena sifat rahman dan rahimnya Allah. Untuk itu, jangan sampai terselip sedikitpun dalam diri kita takabur, meremehkan siapapun, karena boleh jadi yang belum paham Islam sekarang , besok lusa jauh lebih tinggi derajatnya di sisi Allah. kata Suharja. Allah sangat sayang kepada kita, tetapi....apakah kita sayang kepada Allah?

Selama ini ini, kita tau fadilah ibadah, fadilah membaca Alquran, fadilah sholat jamaah, fadilah bersedekah dan fadilah-fadilah yang lain. Akan tetapi, kita malah sering melupakan itu semua. tatkala adzan berkumandang, kita tidak segera beranjak untuk pergi sholat. Kita banyak mengerjakan pekerjaan duniawi, namun kita melupakan membaca Alquran. Kita sering menyuruh orang bersedekah, namun kita lupa bahwa kita jarang bersedekah. Begitulah implementasi rasa sayang kita kepada Allah? Imbuh Hakim kelahiran Boyolali Jawa Tengah ini.

Untuk mendapatkan rahmat Allah. Kita wajib berjuang. Sebagaimana dalam surat al-Ankabut : 69, terjemahnya "Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) Kami, benar-benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik". Dengan perjuangan yang sungguh-sungguh dibarengi keseriusan dan keimanan, InshaAllah Allah akan sayang kepada kita dan Allah akan mengabulkan do'a-do'a kita.

Suharja melanjutkan khutbahnya, Di dalam diri manusia terdapat qolbu dan nafsu. Keduanya saling berjuang untuk menjadi pemenangnya. Jangan sampai nafsu itu menjadi pemenangnya, sehingga membuat kita semakin jauh dari rahmat Allah.

Begitu sempurnanya Allah memberikan nasihat kepada kita, melalui ayat-ayat-Nya, namun selama ini, justru kita tidak meyakininya, kita tidak atau kurang dalam menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya. Ingat, kita adalah makhluk Allah. Allah yang menciptakan kita. Sudah wajib kiranya bagi kita, untuk kembali kepada Allah, untuk kembali meraih kasih dan sayang Allah. Pungkas suharja, mengakhiri khutbahnya. (Red.Mahar)

Hubungi Kami

Pengadilan  Agama Soreang

Jl. Raya Soreang KM. 16 Pamekaran, Kec. Soreang. Kabupaten Bandung. Jawa Barat 40912

Telepon : (022) 5894106

Email    : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Tautan Aplikasi