logo

banner1 Big

banner2 small  

Gugatan Mandiri

 

Penelusuran

Jadwal Sidang

E-Court

Informasi Pengaduan 

banner3 small

Ditulis oleh Admin. Dilihat: 48

Upgrade Skill & Knowledge,
Hakim dan Aparatur PA Soreang Ikuti Bimtek Hakim Agung

bimtek hakim agung 1

Soreang | www.pa-soreang.go.id
Jum’at, 17 Juni 2022. Kecakapan teknis peradilan adalah modal yang harus dimiliki oleh setiap hakim. Demikian pula panitera dan juru sita harus pula memahaminya untuk membantu hakim/majelis hakim secara maksimal. Sehingga pantaslah jika pagi itu, pukul 08.30 WIB seluruh tenaga teknis PA Soreang yang terdiri dari ketua, wakil ketua, hakim, panitera, panitera muda, panitera pengganti, sampai dengan jurusita dan jurusita pengganti, mengikuti acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kompetensi Tenaga Teknis di Lingkungan Peradilan Agama Secara Online/Daring yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI, dengan penuh antusias dari Media Center PA Soreang.

Dalam sambutannya, Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama, Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H., menyampaikan bahwa kegiatan ini diselenggarakan semata-mata demi meningkatkan kualitas tenaga teknis peradilan agama. Selain itu Ditjen Badilag juga telah merencanakan agenda-agenda lain dalam meningkatkan kualitas aparatur, yang juga tidak kalah pentingnya. Di antaranya adalah pengiriman hakim ke luar negeri, pelaksanaan Bimtek skala nasional maupun per zona, penyelenggaraan Webinar dengan menghadirkan narasumber maupun tokoh-tokoh yang memiliki keilmuan di bidangnya, hingga pemanfaatan berbagai macam tawaran beasiswa yang dapat diakses langsung oleh tenaga teknis peradilan agama. Selanjutnya beliau juga menekankan aparatur peradilan agama agar selalu bekerja demi kepentingan ummat dengan bekerja sesuai aturan yang telah dipedomani, sehingga membawa manfaat untuk masyarakat dan peradilan agama. Selain itu beliau juga berpesan kepada seluruh aparatur peradilan agama agar selalu meningkatkan kemampuan diri dengan ilmu yang didapat dari pelaksanaan Bimtek, Webinar maupun kegiatan pengembangan diri lainnya.

bimtek hakim agung 2

Selanjutnya kegiatan Bimtek dipandu oleh Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Agama Mahkamah Agung RI Dr. H. Candra Boy Seroza, S.Ag., M.Ag. sebagai mediator, dan Yang Mulia Dr. H. Purwosusilo, S.H., M.H., Hakim Agung Kamar Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia, sebagai narasumber. Sesuai dengan tema “Temuan Problematika Penerapan Hukum Acara dalam Berkas Kasasi dan Peninjauan Kembali”, beliau Yang Mulia memaparkan beberapa temuan dalam berkas Kasasi dan Peninjauan Kembali. Di antaranya tentang eksepsi kompetensi relatif tanpa jawaban pokok perkara, penerapan eksepsi kompetensi relatif, putusan hakim yang dinilai kabur, akta autentik yang tidak ada aslinya, dan penerapan sumpah decissoir.

Yang menarik, Hakim Agung yang sebelumnya menjabat sebagai Dirjen Badilag tahun 2012 sampai dengan 2014 ini menjelaskan kasus posisi satu per satu, kemudian melemparkan pembahasannya kepada para peserta. Selanjutnya para peserta yang terdiri dari tenaga teknis peradilan agama yang tersebar di seluruh Indonesia menyampaikan pendapat dan argumentasinya terhadap kasus yang dihadapi. Sehingga Bimtek kali ini lebih bernuansa diskusi interaktif yang hidup. Dan di akhir pembahasan setiap kasus, narasumber memberikan jalan keluar yang sebaiknya dijalani, dan juga pertimbangan hukum Majelis Hakim Agung terhadap kasus-kasus yang dibahas. Selanjutnya beliau berpesan agar kesalahan-kesalahan penerapan hukum acara, baik dalam tingkat pertama maupun tingkat banding sebagaimana yang telah didiskusikan dalam kegiatan pembinaan kali ini tidak terulang kembali. Dan beliau juga menyatakan siap memberikan waktu lagi untuk pertemuan-pertemuan yang akan datang.