logo

banner1 Big

banner2 small  

Gugatan Mandiri

 

Penelusuran

Jadwal Sidang

E-Court

Informasi Pengaduan 

banner3 small

Ditulis oleh Admin. Dilihat: 52

SAH!!! Pengadilan Agama Soreang Kelas 1B Lantik Seluruh Pejabat Struktural
dan Fungsional

sah pelantikan 1


Soreang | Rabu, 27 Juli 2022
Pagi hari tersebut, suara riuh rendah terdengar sumringah dari ruang sidang utama Pengadilan Agama (PA) Soreang. Para pegawai kesekretariatan dan kepaniteraan, baik Pegawai Negeri Sipil maupun PPNPM tampak saling bercakap-cakap, sesekali diselingi gelak tawa diantara mereka. Begitupula para Hakim ikut di tengah-tengah mereka dan larut dalan suasana suka cita. Hari Rabu itu Jurusita dan Panitera Pengganti tampak serempak memakai Pakaian Dinas Harian, sedangkan tiga Panitera Muda, tiga Kasubag, Panitera dan Sekretaris tampak kompak memakai Pakaian Sipil Lengkap. Melengkapi formasi itu CPNS yang akan dilantik menjadi PNS berjumlah tiga orang memakai batik KORPRI.

Pengadilan Agama Soreang rupanya pada hari itu sedang melaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan para pejabat struktural dan fungsional Pengadilan Agama Soreang Kelas 1B yang sebelumnya berstatus Kelas II.

sah pelantikan 2

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan para pejabat struktural dan fungsional PA Kelas 1B tersebut adalah tindak lanjut dari Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Menpan RB) Nomor B/597/M.KT.01/2022 tertanggal 17 Juni 2022. Acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ini juga disatukan dengan pelantikan CPNS menjadi PNS.

Sesuai surat tentang kenaikan kelas tersebut, Pengadilan Agama Soreang menjadi salah satu Pengadilan yang disetujui untuk naik kelas dari kelas II menjadi Pengadilan Agama kelas 1B. Selanjutnya atas adanya persetujuan kenaikan kelas itu, sekretaris Mahkamah Agung melalui surat Nomor 1453/SEK/OT.01.1/6/2022 tanggal 29 Juni 2022, mengundang pimpinan Pengadilan yang naik kelas termasuk PA Soreang, untuk hadir menerima Surat Keputusan (SK) kenaikan kelas yang diserahkan langsung oleh Pimpinan Mahkamah Agung RI.

sah pelantikan 3

Ketua Pengadilan Agama Soreang Dr. H. Nasich Salam Suharto, Lc., LL.M. yang bertindak langsung melantik dan mengambil sumpah jabatan para pejabat struktural dan fungsional tersebut menyampaikan bahwa ia percaya kepada para pejabat yang dilantik dan diambil sumpah jabatan, mereka akan melaksanakan tugas secara profesional penuh tanggung jawab.

Pengadilan Agama Soreang adalah Pengadilan yang berdiri sejak 2018. Status kelas PA Soreang sejak 2018 sampai adanya SK kenaikan kelas adalah PA kelas II. Setelah adanya SK kenaikan kelas, maka secara resmi Pengadilan Agama Soreang menjadi PA kelas 1B. Setelah SK kenaikan kelas diterima, Pengadilan Agama Soreang melakukan beberapa penyesuaian terkait kantor dan penatausahaan kantor dari kelas II menjadi kelas 1B.