logo

banner1 Big

banner2 small  

Gugatan Mandiri

 

Penelusuran

Jadwal Sidang

E-Court

Informasi Pengaduan 

banner3 small

Ditulis oleh Tim Media PA Sor Erf. Dilihat: 48

H. Mahrus Kupas 1001 Kasus Terkait Tupoksi Kepenghuluan

 

 

 

Soreang-Bandung | 10 Juni 2021 |

Ketua Pengadilan Agama Soreang, H. Mahrus, Lc., M.H., hari ini menjadi narasumber dalam acara Pembinaan Penghulu dan Pengukuhan Pengurus Cabang Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bandung. Acara dilangsungkan di Gedung Ormas, Soreang. Tampak puluhan penghulu se kabupaten Bandung hadir dalam acara tersebut mengenakan sweater berwarna Biru.

Dalam uraiannya, H. Mahrus mengupas banyak hal seputar Tupoksi yang berkaitan dengan kinerja penghulu dalam hubungannya dengan kewenangan Peradilan Agama.

“ini momen penting untuk berbagi informasi kepada kawan-kawan Penghulu di daerah. Sebab, banyak sektor pelayanan hukum yang memang selama ini bersentuhan dengan kinerja kepenghuluan”, ujarnya memulai uraian yang disimak antusias oleh segenap peserta.

Selain menjelaskan peran penghulu sebagai pengawas nikah/rujuk hingga pencatatan peristiwa tersebut secara administratif, H. Mahrus juga menyasar kinerja Penghulu di sektor lainnya yang berkenaan dengan kewenangan peradilan.

 

 

 

“jangan sampai ada penghulu ikut berperan menceraikan orang, atau membuatkan dokumen perceraian, sebab penghulu tidak mengemban tanggung jawab untuk itu. Perceraian umat Islam murni kewenangan Peradilan Agama”, tegasnya.

Menurut H. Mahrus, peraturan perundang-udangan yang berkaitan dengan pencatatan sipil atau pencatatan peristiwa penting di masyarakat, sebenarnya mengatur adanya sinergi yang harus dibangun di antara Peradilan Agama, KUA (Kemenag), dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kemendagri). Sehingga sudah seharusnya, semua instansi itu duduk bersama untuk membangun kesepahaman dalam upaya sinergi data perceraian, dengan data kependudukan lainnya.

“mudah-mudahan dalam waktu dekat, kita bisa melakukan integrasi sistem dengan semua instansi terkait” tutupnya yang disambut tepuk tangan peserta.