logo

banner1 Big

banner2 small  

Gugatan Mandiri

 

Penelusuran

Jadwal Sidang

E-Court

Informasi Pengaduan 

banner3 small

Ditulis oleh Tim Media PA Sor Erf. Dilihat: 38

Excellent Service, Dalam Hitungan Detik, PA Soreang Langsung Serahkan Salinan Penetapan Usai Ketuk Palu

 
 
Soreang-Bandung | 4 Juni 2021 |
 
Peran strategis Pengadilan Agama Soreang bagi masyarakat Kabupaten Bandung, tidak dapat dipandang sebelah mata. Tingginya tren peningkatan jumlah perkara dari tahun ke tahun, menunjukkan kebutuhan akan layanan hukum bagi masyarakat juga meningkat.
 
Seakan tidak mau kalah dengan kenyataan itu, hari ini Pengadilan Agama Soreang kembali membuktikan eksistensi pentingnya layanan hukum yang cepat dan tepat lewat program sidang keliling (Sidang di Luar Gedung Pengadilan) sebagai salah satu wujud nyata dari motto justice for all.
 
 
Sidang keliling yang dipimpin hakim ketua, Erfani ini, merupakan pelaksanaan program tahunan berdasarkan DIPA tahun 2021. Di tahun ini, direncanakan akan ada sepuluh kali kegiatan sidang di luar gedung.
 
Dalam jadwal sidang hari ini, sedianya majelis hakim memeriksa 18 nomor perkara. Semuanya merupakan perkara voluntair yang terdiri atas 10 perkara Itsbat Nikah dan sisanya merupakan jenis perkara Dispensasi Kawin. 16 perkara diputus, dan dua perkara masih dalam proses sidang lanjutan.
 
Dari 16 perkara yang diputus dalam sidang tersebut, 13 di antaranya dikabulkan, 1 ditolak, 1 gugur, dan 1 perkara dicabut.
 
Persiapan yang matang terlihat dari telah disiapkannya seperangkat alat cetak dokumen yang ikut dibawa dalam sidang. Sehingga, penetapan yang telah dibacakan, dapat langsung diproses untuk diserahkan kepada pihak-pihak.

Panitera Pengganti Nina Kristinawati Menyerahkan Salinan Penetapan Dispensasi Kawin Kepada Pihak Pemohon 
Dengan persiapan tersebut, sesaat setelah palu diketuk, Salinan Penetapannya langsung diberikan kepada pihak hanya dalam hitungan detik.
 
"Kita berupaya untuk melakukan optimalisasi layanan hukum, sehingga segera setelah penetapan dibacakan, salinan langsung diserahkan. Meskipun begitu, serangkaian pemeriksaan yang ketat terkait materi perkara pun telah dilakukan secara cermat. Mudah mudahan, kehadiran Pengadilan Agama Soreang dapat benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakatakat", ujar salah satu anggota tim usai kegiatan.