logo

PENGUMUMAN

Pendaftaran perkara hanya dilakukan secara online melalui mekanisme e-Court
PENGUMUMAN

Selamat & Sukses

atas dilantiknya Dr. H. HASBI HASAN., M.H Sebagai Sekretaris Mahkamah Agung Republik Indonesia. Semoga dimudahkan dalam melaksanakan tugas dan menambah kejayaan lingkungan Peradilan Agama khususnya dan Mahkamah Agung pada Umumnya
Selamat & Sukses

Zona Integritas

Selamat Datang di Pengadilan Agama Soreang. Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)
Zona Integritas

Layanan Berperkara bagi Disabilitas

Video layanan dan tata cara berperkara di Pengadilan Agama Soreang bagi pengandang disablitas
Layanan Berperkara bagi Disabilitas

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

e-Court

Adalah layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online, Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik, dan Persidangan yang dilakukan secara Elektronik.
e-Court

Gugatan Mandiri

Untuk Pelayanan yang lebih mudah, cepat dan biaya ringan, Ditjen Badan Peradilan Agama menyediakan Layanan Pembuatan Gugatan / Permohonan secara mandiri.
Gugatan Mandiri

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

banner1 Big

banner2 small  

Gugatan Mandiri

 

Penelusuran

Jadwal Sidang

E-Court

Informasi Pengaduan 

banner3 small

Ditulis oleh Dr. Mahmud Hadi Riyanto, S.H.I., M.H. Dilihat: 99

Di New Media Center PA Soreang, Panitera Hadiri Sosialisasi Dan Validasi Data SIPP Secara Virtual

 

 

pa-soreang.go.id

Soreang-Bandung (12/01/21). Tahun 2021, merupakan tahun prestasi bagi warga PA Soreang. Itu visi Ketua PA Soreang, H. Mahrus saat memberikan pembinaan kepada seluruh Hakim dan Aparatur PA Soreang pada Senin (11/01) kemarin. (berita terkait: https://pa-soreang.go.id/berita/berita-terkini/h-mahrus-2021-tahun-prestasi-11-01-21).

Benar, diawal tahun ini, Pengadilan Agama Soreang telah berbenah. Jum'at (08/01/21) Ketua PA Soreang telah meresmikan New Ruang Sidang Utama dan New Media Center. Ruang sidang dan media center PA Soreang kini telah berevolusi menjadi ruang yang indah, mewah, berwibawa serta tak bosan untuk dipandang.

WhatsApp Image 2021 01 12 at 14.15.29

Panitera mengikuti pembinaan di New Media Center PA Soreang

New Media Center saat ini menjadi kebanggan warga PA Soreang. Selama pandemi covid-19, kegiatan-kegiatan kedinasan dilakukan secara virtual melalui aplikasi zoom meeting. Dengan adanya New Media Center, semakin membuat betah dan nyaman bagi aparatur PA Soreang yang sedang mengadakan pertemuan maupun rapat.

Tidak hanya untuk kegiatan media seperti konferensi pers maupun wawancara. New Media Center juga digunakan untuk rapat pimpinan, rapat pegawai, pendidikan dan pelatihan online, juga untuk kegiatan kedinasan lainnya secara virtual khususnya.

Siang ini, Panitera PA Soreang, Maman Suherman menikmati suasana baru di New Media Center PA Soreang. Maman mengikuti sosialisasi dan validasi data SIPP yang diadakan oleh Ditjen Badilag Mahkamah Agung RI.

Sosialisasi ini dibuka oleh Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Agama, Nur Djannah Syaf tepat pada pukul 13.00 WIB. Acara yang direncanakan hingga pukul 16.00 WIB, membahas tentang kepatuhan pengisian e-doc SIPP, pengisian laporan pada aplikasi Kinsatker dan validasi data hasil mediasi. 

Dalam arahannya, Nur Djannah menekankan kepada seluruh satuan kerja pengadilan agama untuk menginput seluruh content dalam SIPP. "saya tidak mau lagi, laporan penyelesaian perkara telah di minutasi. Detapi dokumennya masih kosong" tegas Direktur Admin ini.

"Penilaian SIPP tahun 2021 ini, berbasis pada kepatuhan dalam mengisi e-doc dalam SIPP. Sejak perkara didaftarkan hingga diminutasi, semua e-doc wajib diunggah" tambahnya.

Nur Jannah ingin Pengadilan Agama sebagai pelopor transparansi pada 4 badan peradilan di bawah Mahkamah Agung RI. "Sebagaimana amanat Pak Dirjen (red. Aco Nur), Seluruh warga peradilan agama harus memiliki karakter kompetisi dan mental juara. Peradilan agama harus terdepan dalam segala hal" pungkas Ibu Direktur.

WhatsApp Image 2021 01 12 at 14.15.29 1

Sutarno, Kasubdit Bimon Dirbinadmin Peradilan Agama memberikan materi tentang SIPP

Selanjutnya, materi disampaikan oleh Pejabat dari Direktorat Pembinaan Administrasi Peradilan Agama. Tepat pukul 16.00 WIB, acara berakhir dan ditutup oleh Nur Djannah Syaf, Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Agama.

Sebelum menutup acara, Nur Djannah menyampaikan kesimpulan sebagai berikut:

1. Pimpinan bertanggung jawab secara penuh monitoring data perkara; 
2. Tahun 2021, mari kita menerapkan kepatuhan dalam hal pengisian data-data perkara. Data perkara di tingkat pertama, bisa dijadikan percontohan, baik untuk peradilan lain ataupun MA, mudah-mudahan kita dijadikan contoh oleh peradilan lain. Dalam laporan Tahunan, pimpinan MA melakukan rapat pleno, Ditjen Peradilan Agama yang paling lengkap, dan akan di tampilkan dalam rapat laporan tahunan. Kami sangat fokus mencocokan data perkara yang tidak valid, untuk kedepan tidak seperti itu lagi, dengan bantuan kepatuhan satker, agar benar-benar bisa validkan data yang di input ke SIPP
3. Secepatnya kita akan membuat Tim Nasional/Satuan Petugas, untuk selalu memonitor data-data setiap hari, agar kesalahan data-data bisa cepat teratasi.

4. Untuk penilaiain 2021, one day minute, harus disertai upload e-doc putusan dan disesuaikan dengan kepatuhan penginputan.

Selepas kegiatan tersebut, tim red menemui Panitera PA Soreang di New Media Center, Maman mengatakan "Alhamdulillah....New Media Center kita sekarang lebih nyaman dan sepertinya menjadi media center terbaik di lingkungan peradilan agama seluruh Indonesia" Ungkap Maman Suherman sambil tertawa tipis.

Maman melanjutkan, perihal materi pembinaan "InshaAllah, seluruh materi yang diberikan oleh Direktorat Pembinaan Administrasi Peradilan Agama segera kita jalankan, sesuai perintah dari Ibu Direktur" pungkasnya. (Red.Mahar)

    

Hubungi Kami

Pengadilan  Agama Soreang

Jl. Raya Soreang KM. 16 Pamekaran, Kec. Soreang. Kabupaten Bandung. Jawa Barat 40912

Telepon : (022) 5894106

Email    : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Tautan Aplikasi