logo

banner1 Big

banner2 small  

Gugatan Mandiri

 

Penelusuran

Jadwal Sidang

E-Court

Informasi Pengaduan 

banner3 small

Ditulis oleh Tim Media PA Sor Mahar. Dilihat: 210

SITUS MEDIA ONLINE DIAM-DIAM MENGUTIP BERITA PA. SOREANG, BETULKAH?

 

 Ketua Biru dua

H. Mahrus Abdur Rahim

Ketua Pengadilan Agama Soreang

Saya coba mencermati tulisan berita di Media Online papan atas seputar wafatnya seorang hakim pengadilan agama di meja tugasnya. Kalau membaca beritanya, sepertinya wajar-wajar saja untuk sebuah tulisan berita. Coba kita cermati yuk!

“Sebagaimana dikutip dari situs MA, Rabu (27/1/20121)” tulis Media Online mengawali paragraf keduanya. Dan itu masih di teras berita. Pertanyaannya, situs MA yang mana? Saya coba meluncur ke situs https://badilag.mahkamahagung.go.id/ sebagai induk dari pengadilan agama, ternyata belum ada pemberitaan terkait wafatnya hakim PA Barru tersebut pada tanggal dimaksud.

Ah, mungkin situs https://mahkamahagung.go.id/ alias kantor pusat MA, saya berselancar kesana, ternyata setali tiga uang, belum ada juga berita pada tanggal tersebut bahkan sampai saat tulisan ini dibuat, sebagai sumber kutipan Media Online tersebut yang mengklaim dikutip dari situs MA.

Tambah penasaran, saya langsung meluncur jauh ke website PA Barru (https://pa-barru.go.id/) tempat kejadian yang menghebohkan tersebut, ternyata hanya berita singkat. Lalu situs MA yang manakah seperti klaim Media Online tersebut sebagai sumber berita?

Bertambah penasaran, saya buka situs PA Soreang (https://pa-soreang.go.id/berita/berita-terkini/ada-hakim-wafat-di-meja-kerja-saat-susun-putusan-begini-respon-para-hakim-pa-soreang-26-1-2021) yang memang sudah menurunkan berita perihal tersebut pada hari Selasa (26/1/2020), sedangkan Media Online tersebut baru menulis dan mengutip pada Hari Rabu (27/1/2020). Saya agak heran, takjub dan tidak habis pikir, kok tulisan Media Online tersebut mirip sekali dengan tulisan berita di PA Soreang.

Coba kita cermati paragraf kelima yang ditulis Media Online tersebut yaitu:

"Inna Lillahi wa Inna Ilaihi Rajiun. Husaima wafat dalam keadaan sedang mengerjakan tugasnya sebagai pejuang agama, menegakkan hukum dan keadilan," ucapnya.

WhatsApp Image 2021 01 27 at 13.59.15

SS berita dalam website pa-soreang.go.id

Paragraf tersebut adalah salin tempel (copy-paste) dari paragraf keempat berita PA Soreang.

Paragraf keenam yang ditulis Media Online tersebut yaitu:

Semasa hidupnya, almarhum dikenal memiliki komitmen yang kuat dalam membangun kebersamaan, baik personal maupun institusional. Sebelum menjadi hakim, Husaima pernah menjabat Ketua KPUD Kabupaten Barru, sebelum akhirnya lulus dalam seleksi hakim tingkat pertama pada 2011.

Paragraf tersebut adalah salin tempel ((copy-paste) ) dari paragraf kelima berita PA Soreang.

Kemudian awal paragrap ketujuh yang ditulis Media online tersebut yaitu:

Di angkatannya (hakim angkatan VII/PPCT II), nama Bang Chema, sapaan akrabnya, sudah sangat familiar. Husaima tercatat pernah memimpin angkatannya selaku ketua senat dalam masa pendidikan dan pelatihan cakim terpadu Mahkamah Agung RI pada 2012

Paragraf tersebut adalah salin tempel ((copy-paste) ) dari paragraf keenam berita PA Soreang.

Adapun foto yang ditampilkan oleh media online tersebut, merupakan foto yang sama dengan foto yang digunakan dalam berita di website PA Soreang.

WhatsApp Image 2021 01 27 at 13.59.15 1

SS berita pada salah satu media online kenamaan

Dari pengamatan ini, saya menghimbau kepada Media Online manapun, kalau mau mengutip berita dari situs PA Soreang agar menyebutkan sumber yang jelas, tidak perlu disingkat atau disamarkan. Terima kasih.

Video Profil ZI PA Soreang