logo

banner1 Big

banner2 small  

Gugatan Mandiri

 

Penelusuran

Jadwal Sidang

E-Court

Informasi Pengaduan 

banner3 small

Ditulis oleh Tim Media PA Sor Mahar. Dilihat: 110

PERAN PETUGAS PELAYANAN TERPADU SATU PINTU  DALAM MELAYANI PERMOHONAN INFORMASI

 WhatsApp Image 2021 01 19 at 10.43.00

Oleh: Dr. Mahmud Hadi Riyanto

(Hakim PA. Soreang – Bandung)

 

Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Pengadilan memberikan pengaruh besar terhadap pelayanan yang diberikan kepada masyarakat. Masyarakat lebih mudah dan percaya kepada pengadilan. Cepat dan transparan, kesan yang terbangun di pengadilan. Kepercayaan masyarakat terhadap pengadilan pun meningkat. Masyarakat lebih mudah untuk memperoleh informasi. Cukup datang ke PTSP pengadilan.

Lahirnya Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik[2] secara historis dilatarbelakangi oleh bergulirnya reformasi dalam Negara Kesatuan Republik Indnesia. Reformasi yang sudah berumur dua dasawarsa telah membawa perubahan dalam sistem pemerintahan negara. Reformasi yang ditandai dengan adanya tuntutan tata kelola kepemerintahan yang baik (Good Governance) yang mensyaratkan adanya akuntabilitas, transparasi dan partisipasi masyarakat dalam setiap proses terjadinya kebijakan publik.

Termasuk transaparansi peradilan bagi Mahkamah Agung saat ini bukan saja menjadi kebutuhan publik, tetapi juga kebutuhan seluruh warga badan peradilan. Dengan adanya transparansi peradilan, secara perlahan akan terjadi penguatan akuntabilitas, profesionalitas serta integritas warga peradilan. Dibutuhkan manajemen dan sumber daya manusia yang handal dalam memberikan pelayanan yang prima kepada para pencari keadilan. Serta didukung oleh politic will pimpinan lembaga.

Selengkapnya, KLIK DISINI 

Video Profil ZI PA Soreang