logo

banner1 Big

banner2 small  

Gugatan Mandiri

 

Penelusuran

Jadwal Sidang

E-Court

Informasi Pengaduan 

banner3 small

Ditulis oleh Tim Media PA Sor Mahar. Dilihat: 124

Limitasi Eksklusif Akad Perbankan Syariah

WhatsApp Image 2020 12 02 at 12.21.21 1

Erfani Aljan Abdullah, S.H.I., M.E.Sy.

Hakim PA Soreang - Kabupaten Bandung

 

Akad perbankan syariah memiliki karakterisik yang berbeda dari akad syariah pada umumnya. Perbedaan karakter itu mengandung implikasi hukum yang cukup signifikan, baik dari segi keterbentukan akad secara yuridis dalam praktik perbankan syariah, maupun dari segi atau aspek litigasi yaitu proses penyelesaian sengketa di pengadilan agama.

Akad perbankan syariah perlu disendirikan kajiannya guna menunjukkan urgensi dan sekaligus popularitasnya sebagai ikon akad syariah. Meskipun jangan sampai dilupakan, bahwa umat Islam itu sedianya harus bermuamalah dalam kerangka hubungan hukum yang berbasis syariah, yang sebetulnya tidak terbatas hanya saat bermuamalah dengan bank syariah atau unit usaha syariah lainnya saja. Sebab, ia menjadi landasan lalu lintas hak dan kewajiban yang sah dalam menjalankan kehidupan ini yang menjadi instrumen kehalalan suatu objek akad.

Dalam konteks perbankan syariah, sesungguhnya akad telah diberikan makna secara spesifik sebagai acuan dalam penerapannya pada bank dan unit-unit usaha syariah. Dalam Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah, akad telah diberikan pengertian tersendiri yang spesifik dengan kegiatan perbankan syariah. Dalam undang-undang tersebut, disebutkan, “akad adalah kesepakatan tertulis antara Bank Syariah atau Unit Usaha Syariah dan pihak lain yang memuat adanya hak dan kewajiban bagi masing-masing pihak sesuai dengan prinsip syariah”.

Selengkapnya, klik DISINI

Video Profil ZI PA Soreang